Sistem Rujukan

Pelayanan kesehatan rujukan di Provinsi Sulawesi Selatan diatur dalam Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 15 Tahun 2008 tentang Regionalisasi Sistem Rujukan Rumah Sakit di Provinsi Sulawesi Selatan. Regulasi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu, pemerataan dan jangkauan pelayanan kesehatan di Sulawesi Selatan. Pengembangan sistem regionalisasi ini dilakukan untuk memperoleh pelayanan kesehatan rujukan yang lebih cepat, tepat, murah dan aman yang merupakan suatu bentuk pengembangan jenjang sistem rujukan rumah sakit di Provinsi Sulawesi Selatan berdasarkan letak geografis dan wilayah.

ALUR SISTEM RUJUKAN

Pelayanan kesehatan rujukan menerapkan pelayanan berjenjang yang dimulai dari Puskesmas, kemudian RS Type C, selanjutnya RS Type B dan akhirnya ke RS Type A.

Pelayanan kesehatan rujukan dapat berupa rujukan rawat jalan dan rawat inap yang diberikan berdasarkan indikasi medis dari dokter disertai surat rujukan.

RS Type C dapat melakukan rujukan ke RS Type B antar atau lintas kabupaten/kota yang dilakukan atas pertimbangan atau kesepakatan antara rumah sakit dengan pasien atau keluarga pasien.

Yang dimaksud dengan“antar kabupaten/kota” adalah pelayanan ke RS Kabupaten/Kota yang masih dalam satu region yang telah ditetapkan. Misalnya, RS di Pinrang merujuk pasiennya ke RS di Parepare.

Sedangkan yang dimaksud dengan “lintas kabupaten/kota” adalah pelayanan ke RS Kabupaten/Kota di luar wilayah region yang telah ditetapkan. Misalnya, RS di Wajo merujuk pasiennya ke RS di Parepare karena pertimbangan waktu, jarak atau karena pertimbangan lainnya yang disepakati antara rumah sakit dengan pasien atau keluarga pasien.

REGIONALISASI SISTEM RUJUKAN DAN PELAYANAN KESEHATAN GRATIS

Bagi masyarakat Sulawesi Selatan yang ingin memperoleh pelayanan kesehatan gratis, harus mengikuti alur sistem rujukan yang telah ditetapkan dalam peraturan gubernur ini. Kecuali untuk kasus-kasus gawat darurat, setiap pasien terlebih dahulu harus mengunjungi Puskesmas atau jaringannya dan apabila memerlukan rujukan, akan dirujuk ke RS Type C di wilayahnya. Rujukan selanjutnya ke RS Pusat Region dan terakhir di RS Type A (RS Dr. Wahidin Sudirohusodo).

Bagi masyarakat yang berdomisili di pusat region, dapat langsung dirujuk dari Puskesmas ke RS Pusat Region di wilayahnya dan selanjutnya ke RS Type A.

Apabila masyarakat tidak mematuhi ketentuan alur sistem rujukan di atas, maka hak pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dinyatakan gugur atau tidak berlaku lagi.

RUMAH SAKIT KELAS III (RS SAYANG RAKYAT)

Sebagai wujud kepedulian Pemerintah Sulawesi Selatan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan rujukan, mulai tahun 2008 pemerintah telah menyusun rencana pembangunan rumah sakit umum dengan pelayanan rawat inap kelas III berkapasitas 1000 tempat tidur.

Sarana dan prasarana serta fasilitas rumah sakit ini setara dengan RS Type C dan pembangunannya telah dimulai pada awal tahun 2009 ini. Jika tidak ada aral melintang, akhir tahun 2009 rumah sakit ini diharapkan sudah bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat Sulawesi Selatan.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: